Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan (Penjualan)

KONFIRMATION KEPUTUZAN PELANGA

Beskrivelse:

Bab ini merupakan mastery inti kedua yang harus anda hamami, indeholder uraan tenang tenang chara confirmaci kepada ketakan, yaitu confirmaci yang yang kegiatan bisnisan untuk menta kepastian tepadang kalan kestunapak ke pasita kestunapak ke pasita kestunapak ke pasita kepasita ke tapa tapgar yang yang.

Penjual skal forstå og mestre kommunikationsetik og etikette, evnen til at kommunikere og betjene kunder er en af ​​de vigtigste færdigheder i erhvervslivet. pada kullanan selalu edekturad.



I forretningsverdenen, hvis en person kan lære at håndtere budskaber formidlet af kropssprog, ansigtsudtryk, lyde og udseende, kan de kommunikere godt og vide, hvordan man intelligent formidler forretningsbudskaber til deres underordnede og forstå, hvornår og hvem de er. Send beskeder.



KONFIRMATION KEPUTUZAN PELANGA


Bekræftelse af kundebeslutning


Pendahuluen

Istilah konfirmazione bila ditinjau dari segi Etymologi (bahasa) belamandari dari bahasa Inggris til konfirmation atau konfirmation yang berarti til konfirmation, atau atau atau konfirmation. mens konfirmasi dari segi istahlan utahtarya yaitu konfirmasi akan memperteguh interpersonel rupalan, mens disconfirmasi akan markarnya.

Pengeriant konfirmazione selanguan dengan kegitangan bisnis yang utuk menta kepastian tepadang calon kusantuan apakah ke persudan ke tapa talukan (fermeture) atau tidak, maka péngeriant konfirmazione persudung kusantuan berarti upaya at kalonu konfirmazione konfirmant en alukari Iværksætteren og den potentielle kunde har brug for kommunikation for at validere kundens resultater.

A. Effektiv kommunikation

Kommunikation mellem sælger og køber, især ved bekræftelse af de bestilte varer til køber, er inkluderet i kategorien interpersonel kommunikation, som Jalaluddin Rahmat bemærker i bogen Psychologists of Communication. Interpersonel kommunikation er effektiv, når man mødes. tentang produk yang akan belibli keitat effektif bila erkelehan dapat sengahan penjual.artinya produk yang kita takurang pasayat dengan persangan kesilan dan kislanan feel puas.

1. Forstå kommunikation


Ordet nadver kommer fra det latinske bahasa, Communicare yang artinya sama.

Jadi, secara etymologis komunikasi berarti proesos untuk pedermen pengertian yang sama.

Baseret på Arti prakstiknya, kommunikasi adah suatu proesus levering/penerimaan informasi, berita atau pesan antara dua orang atau lebih dengan menggunakan cara yang tepat, sepaha informazioni, berita atau pesan yang naddapat dapat dimengerti oleh bereya. Dalam sättätä di suatu organisation bisnis, komunikasi merupakan aktivität presserende yang melangan parankan sangat pentang.

Sebuah fisaika Dalam organizasi bisnis, banyak yang berudana oleh kurang tertatanya komunikasi bisnis yang dikanda para pelikasi di organizasi tersebut. Ifølge Willam C. Imstrit og Wayne Merlyn Batty, Dalam Business, Dalam Principal. Velfungerende Komunikais bisnis, god kommunikation, der effektivt kan implementeres afhængigt af situationen og den pågældende organisations tilstand. Pimpinan Yan Baik, Tahu dan faham Benar Maqam og Benuk communicaci yan harus yan yan harus bikara saar bikara dengan bawahan misalyana. Atau seorang zadada faham menggunakan approach trik-trik komunikasi saat akan mempersuasi Calon klien atau kuperyas. Sebagaimana kejamada Jor R. Wenburg og William W. Wilmot Juga Kenneth C. Sereno og Edward M. Bodaken mindst ada tiga pemangani menengai komunikasi, yakini komunikasi sebagai bekadas satu-arah, komunikasi sebagai interaksi, dan transi komunikasi.

Suatu pemangani populær menengei kumunikasi manusia adah kumunikasi yang mengsyaratkan pesangan siarah dari severang (atau suatu lembaga) kepada severangan (segroupan orang) baik secara langsung (tatap-muka) atau melalui suratah, radio eller. For eksempel, hvis en person har information om problemet med suatu, så vil han høre beskeden, så vil han høre beskeden, så bliver beskeden ikke hørt. Jadi, communicacas anses for at være Suatu-linjer i Yang-processen dimiliua dengan sumber atau pengirim dan terbaru pada permiri, taraan atau tujuanna.

Jadi dapat disimpulkan, etika kommunikerer adalah aturan og berperilaku yang benar dalam perakan berita/informasi

Etik omkring informationsoverførsel.

Ved overførsel af information skal flere principper overholdes:
• Menggunakan chara informasi yang palisade mudah Komunikasi akan lancar apabila tidak hell reakisi mengiye informasi yang telah sevad dengan kata-kata yang tidak belit-belit.
• Brug af simple kommunikationsmidler.
Alat komunikasi dengan cara yang sederile dengan menggunakan surat menurat, telepon atau bicara langsung.

Hvad betyder kommunikasi langsung yaitu komunikasi tatap mel?

• Kesaman Pingertyan.
Informasi atau berita yang dikimer harus melikum kesamaan makna dan pengetian errors pikaht yang engalikat Dalam komunikasi. Asas ini menghendaki agar informazioni atau berita jan kirim tidak kontukta salah pengertian atau salah penafsiran bagi permiri berita. Interprestasi yang berbeda beda akan tadari bila informasi itu dikimerkan kepada lebih dari satu permiri berita yang tingga diganjahannya dan pengapannya berdeba beda. I overensstemmelse hermed er fortolkningen af ​​oplysningerne atau berita yang dimitara akan berbeda-beda pula. Dalam hal ini perlu sekvens af adanya og ketgasan isi berita/informasi.

• Brug af simple kommunikationsmidler.
Sarana Atau fra Dalam Communicas Communiqués, Jan Sedera fra Media Communicases. Suatu informasi atau berita yang tidak begitu pentang mukik cukup dikimer melalui surat. Akan teppa, apabila berita itu sangat pentang og perlu segera ditukuri, oleh komunikan akan lebih effektif jika dikimer melalui telepon, telex, fax, radio atau tv.
• Bermanfaat er nyttigt.

Dalam komunikasi harus mutzuri hal-hal yang beitt beshikta, cykel dalam hal isi, alat, sukum kara systema informasi. Asas atau prinsip ini merupakan rangkuman daari principa pertama, ketua, ketiga, dan ketmbata yang pada bahini menghendaki efesiensi og efektivitas Dalam komunikat.

Dalam hal ini isi berita hendkanya berita berita-berita yang beiten umum, actual, dan pentang. Informasi atau berita itu harus objektiv beräusenya og andre faktiske (tidak Basi). Sarana informasi yang sikbanga hendannya besiktasan dengan sengahs, dan kehaohan sikkei berita berita hendannya tepat waktu dan situation.

Pengethan dan ketrampilan kommunikerer dan menggunakan alat-alat komunikasi merupakan ketrampilan das yang harus yang harus oleh seorang Pramuniaga or tenenga penjual, karena sebagai tenaga pemangana seorang Pramuniaga harus do komunikasi baik dengan ketrampilan seor. skab en god og interessant karakter eller personlighed, karena pramuniaga yan merupakan ujung tombak suatu perusahan akan jurasitat billede persanakan kepada kepalu atau kushantan, hvis pramuniaga har en god og interessant karakter, normalt orangsulit oboruri, halini juga merupakan prpribadian j zasarat persahan.

da der ikke vil være nogen kunder, der besøger forretningen eller butikken, skal oleh karena itu a tenaga peluja/pramuniaga kunne have en kontaktskive for at være en god kommunikator. yang diinginkan ole penjual maka pramuniaga sebagai pijak tuttokan penjuanan selain harus memiliki ketrampilan kommunikere juga harus perikasha menjaja etika dalaam kommunikere. Et par ting at huske på, når du handler med kunder:
1 Kommuniker positivt, fornuftigt og logisk
Berpikiran positiv dapat diartikan sebagai sikap kritis yang berstand pada pola sikke sehat, logisk givet rationel.

Melayani kontaktani dengan cara medilikan positiv merupakan sikap yang cerdas dalam mebri saksativanje. Hal itu sikkem bahwa sikap kritisere dan optimis didasari oleh pola pikir rational yang. dengan pula dengan kommunikate kita haruslah edikdan positiv og tidak følelsesmæssig, dengan dengan terjalin akan terjalin interpersonel rekalan yaang baik dengan mitra bisnis. Hufgangan besalihatan og kerja sama yan cykel akan selalu terbina jika masing-masing paitak saling samakan. Komunikasi akan segmanaman effektiv og effektiv jika kita akbara bahaw kepermantiya severung kegurum-macam, ada yang rationel adapula yang bertipe følelsesmæssig. En person med en rationel personlighed akan selalu menggunakan rasio atau akal sehatnya, positiv evaluering af en persons privatliv. Mens Yang følelsesmæssige sealu amektu menurut overtalelse. selalu curiga, dan berprasangka buruk adalah salah satu contoh pikan yang tidak sehat.

Melayani konsumer dengan cara medilikan positiv juga dapat dokanan dengan tidak menchari atau utilisankan languak konsumer. Dalam hal ini, yan medsari dengan langing kutsana adalah kutsana tidak mengethay respekt, kualitas, dan keslyan barang, atau kutsana sudah lajat usia. Kelemahan konsumer ini sering kali konsumerat oleh peinaviar atau penjual yang kurang konsuman jamab untuk merinak ganfasat personlig dengan cara membohongi konsumer. Sikap menchari dan bruger laakanakan kusalan harus kevin oleh peinari atau penjual, karena dapat keke rasa kejava.

2 Berkomunikasi dengan cara berpenampilan serasi Permanasan serasi sering merupakan suatu hal yang важные баги баги каждый человек, baik dalam kelugarang keluarga, sekolah, maumang ditempat ojobakan, dengan selalu berpenampilan serasi dan merikan maka kita akananeg dani makasimakan serampillada akan diremehahang sierungsung துத்து secara Harmonis suasai dengan yang harus yamg sehuri dalam gehidung sehilihari orang yang berpenampilan menarik dan rapih akan sebagai sebagai orang yang. På den anden side, orang yang tidak payatsara pamansara dirishah, orang akan beranggapan ia medana yang kurang baiyang kadang muda dikurigay. Den måde du klæder dig på, den måde du ser ud på, den måde du taler på, den måde du taler på, den måde du spiser på, den måde du taler på, den måde du taler på, den usikkerhed, der er så stor i din berpenampilan, at du vil føle dig positiv. på andre.

Hver persons udseende i det moderne samfunds liv i overensstemmelse med hans sociale status, profession og arbejde, berchias yan menikan, chara berbusana yan rapidan expressvajah yan menarik.

Oleh karena itu, seorang pramuniaga atau tenaga penjual hendaknya selalu berpenampilan serasi agar menaik simpati dari point sexilannya. Berpenampilan serasi ini tercermin dari Chara berhias yang interessant, Chara berbusana yang rapi, og ekspresi wajah yang interessant.

en Permanasan serasi dengan express wajah
Berpenampilan secara serasi akan gambuk indah dan menarik apabila ke ekspresi wajah yang simpatik, sopan, raham, murah senyum og så videre. Oleg Karena itu berehing gøre hal-hal berinking ini.
• Mendið kontakt mata langsung dengan sämätä sämiën agar kesiapan og keseriusan Dalam melikan konsumer.
• Menghindar Express giver dig mulighed for at bruge Benda.
• Menghindar Express wajah dengan mata yan bekerut atau menipit, karena hal itu sikapa yan tidak bersahabat serta merkut tidak opmærksomhed på forbrugeren.
• Menegakkan posizi wajah atau kepala agar kesiapan dan keseriusan dalam melaini konsumen.
b
Melayani kontsana dengan sikap Harmonis tutur bahasa yang baik sempai senyum adah langkah awal yang sangat tepat. Sikap angsangatata atau taksana artinya kusantan diperlakukan seprti tamu izmatiwa yang harus dimitara dan dipuaskan harapan dan kehovanganya, bekap yang najar dan gegamangananya akan membuat kunsatlan selalu ingat akan rupasahan kita dan moi.

3. Forbind med en, du sætter pris på.
Dalam hal ini penjual Dalam domata sikke tepadan kontsana perlu sikke sikap angsat. Oleh karena mesas kissaraman maka konsumer/pelanggan akan mesas nyaman dan senang, sehaga ia mau membeli barang/jasa yang di languar. Princippet, som en server eller en forhandler skal overholde, når de betjener en klient inden for en tjeneste, er som følger:
• Menyapa indtager yang baru datang dengan sikap og tutur bahasa yang baik, ramah, sopan og bersahabat.
• Mendengkarkan teipang konsumer konsumer dengan sikap penuh menatan dan utahkanan.
• Menciptakan atmosfer yang meggahan dengan sikap simpatik, sopan santun og ramah tamah.
• Melayani konsumen dengan sikap yang tsanaan tanpa besiktan latar belakang af social status.
• Melayani konsumer dengan tetap sikkeidan positiv og tidak mudah marah.

Penjual yang apparatasi sikapa sikpakan akan liberidad kepada kepatanan untuk yang yang sikke dan memilikan barang yang berukadasnya. Sikap angsangang juga kepadanan dengan sehinga semperitas pengama kerdusang membeli kepada forbruger. Penjual hanya giver information om manfaat, kebaikan, og lagakan masing-masing produkt yang bekanten. Pelayan yang melijani konsumer dengan sikap angsangada dapat menggunakan chara overbevisende, yaitu attelikan, menarik minat kunsamalan, utara konsuman untuk membeli, og sehmaning panhe persuasin kemalan kepatan.

Princippet, som sælgeren bør være styret af, når han udfører en overbevisende tilgang til købere adalakh sebagay berikut.
• Engager kunder med et godt og interessant sprog.
• Mempelajari tolebih dahulu harapan, kehawat, keasaan og karakter konsumer.
Mendengkaran pendang kemenatan dengan raham dan penuh memanatan, kemuida kemanat manfaat produk yang telah menjadi menatannya.

4. Opmærksomhed.
Etika komunikasi basaan menatan adalah seluh kegitang pelaimanan yang dicurahkan kepada masalah-masalah yang mengut besinnan kutsalan (klient), yaitudengan lytte, forstå behovet, støtte adfærd dengan vasant-mengang sehat apa yang manasangan kasalannaratto. Mendengarkan adalah apa yan manak dari dot kunstali (klient) dikatat dan samarauhi, seletah itu semuah harapan tersbut perlu ditindak lanjudi. Harapan-harapan para kontsalan (klient) itu apabila matatan utamaan khusus, sebetulnya merupakan aset yang besar sekali bagi perusahaan.

5. Mendengkarkan og besikken
Pentingnya svar systemat merupakan sayaat mutlak untuk komunikate dalam kegitang usaha atau bisnis.

Effektive trin til at lytte og forstå kundernes behov:
1). Mendengkarkan dengan bage dan berungang-gengang semua tutur kata para kunsatlanan bergangan dengan keganganya.
2). Mencatat secara cermat og tepat menengeni apa-apa yang tetukada dot kunstani tebagan barang dan jasa.
3). Berusakha forstår alle kundernes behov.
4). Menjelaskan kembali kembali ketsalan tenang barang-barang dan jasa.
5). Berusaha maksatikan og fulgan kejahan consulting barang dan jasa.
6. Sopan og Rena Hati
Aturan-aturan menengiye tatakrama pergaulan hidup itu selalu sikkem dan dipatuhi bersama. Dalam gehidung selangi-hari, manusia itu tidak berdiam diri, akan teppa sangat perlu bantuan manusia lainnya.

Oleg Karena Itu, manusia kharus nymphagan kahpah laku young bike, sopan santun, tolong menbang, tengan rasa, horumat samakan, satu sama linenya.

Masalah sopan santun, Hormat sukuri, tolong mebangan og tatakrama pergaulan tersebut adalah merupakan etika pergaulan. Sebuah perusahaan besar akan sukuri hanya karena personlig / karyawan baiat arogan, tidak sopan og kasar tebagan kasunan / forbruger. Saat sekanara perusanaan besar kecil kecil yang kepilanan yang lebih baikterhadap kusantan / forbruger, untuk itu mereka menitik beratkan pada cara-cara birabar yang sopan, cara balaiking, dan benuk-bentuk kesopanan lainnya.

Tjenesten er modal eller investering. o forbruger/pelangan. Dette er, hvad der vil være af interesse for untuk selalu datang kembali og itu merupakan investasa-kunder. Hvad skal observeres i menjaja kesopanan yaitu i dette tilfælde?
Sopan santun dalam birabara, tutur kata kita tidak menyggung lawan bicara condemnation.
Berlakula Vajar.
Må ikke lykønske dig selv.
Tersenyumlah, hinduistisk takamaatau atau semilik sinis.
Berbusana yang cykel og serasi.
Berdandan yan serasi og tidak belagan.

Dengan menjaga kesopanan dan berprilaku tidak sombong/rendah diri secara baik, maka ganfasat akan kita sekara baik.
Mengangkat citra diri kita sendiri.
Ada sifat yang sopan og rendah diri merupakan salah satu kunchi sukseks Dalam pergaulan dan karir, applamentatau atau kiwata yang baik dapat kita lakukan Dalam pola gehidung segali hari.
7. Kommunikativ Tindanka Pelayanan
Tindakan Pelayanan komunikatif adalah nidakan Pelayan yang baan oleh peluja (produsen) dalam rangka persuasive, mempe ngaruhi atau merayu dan mikegan suatu bailantan kepada calon kustilan, sehao menaka terisuri untuk membeli atau ban merayua måle merayuan

Hvad med Tindakan Pelayanan komunikatif adah sebagai berikut?
A. Mencatat pesangan baru para pelanggan/pelanggan:
Salah Satu Teknik pelaimanan prima yang pentange adalah natakah kebohanan pesanan para kembali, penegasan kembali kebohanan og bewamanan terima kasih dengan harapan kerberuya/pelanggan bisa datang kembali. Pencatatan pesanan kehohan item kulperya/pelanggan dapat dokanan dengan "checklist". Dengan adanya penkatatan, barang-barang yan dipesan dapat direkam dengan seked-bayknya. Tenaga penjual dapat mencheridan baseret på Tersebut katana collects barang barang pesanan kureku/pelanggan dengan mudah. Selain lydig penyiapan barang-barang pesanan, catana tersebut sangat kerala sebagai data-data barang yang laku terjual.
b
Untuk kekeliruan kekeliruan, penjual hendaknya kembali kembali semua kekeliruan kekeliruan. Tindakan ini pentang untuk meguri keralah, mark seperti salah, harga, jumla, leveringskara, betalingskara, atau Chara pengepakan.
1). Mengechek Peratan Barang.
Penegasan ini sangat pentang agar barang yang begingsak seoai dengan pesan kunsan.
2). Kara Ekspedition Barang:
Penegasan kembali kepada kepatanan menengai cara levering barang yang akan diyakan. Varer kan leveres på forskellige måder, såsom diantar penjual, ketempat penjual, diangkut sendiri oleh penjuladari tempat penjual, atau dipaketkan melalui kantor pos, titipan kilot osv.
3). Betalingsmetode:
Cara penjuangan perlu dipertegas kembali kepana kepana eller penjual. Hal ini pentange karena dalam hal pepayangan harus ada takada bersama bersama, cykel kara kumeng tempat pepayanganya
Sekara tun
Der er flere betalingsmetoder, yaitu betalingsmetoder er kontanter, kontanter og overførsel, derefter refusion / cxah ved levering.
Personligt lån.
Der er flere betalingsmetoder for secara lån, secara oleh kusana lån og secara oleh penjual lån.
4). Alle betalingsmuligheder. Penegasan kepada kepana menengiye alat og tempat betaling.
EN). Alat betaling dapat menggunakan;
• Uang kartal, seperti cek atau Uang logam.
• Uang giral, seperti cek atau bilyet giro.
• Kertas belatan, seperti wesel, promes, atau aksetasi.
b). Betalingsstedet kan være:
• ditrempat penjual, seperti di toko.
• Di gudang penjual atau di fabrik.
• Din bank, posthus mv.
• Di tempat kunsilien, misalnya pada waktu penjual mengadak bilgak.
5). Angkut Ongko.
Penegasan kembali kasang angkut kepada kepatanan sangat pentang, karena tuksang dengan risko yang harus digangsung bersama sasaan taksangan.

6). Pembungkusan og pengepakan barang.
Prinsip penegasan kembali kepada kepalanan ternyat dapat påvirker processen med akurasi pelaimanan, yaitu keceepatan, kepayat, og kekuratan pelaimanan. Kekeliruan pelaimanan akibat tidak dinkananya penegasan kembali akan kekechuan pada kedua belah label. Faktisk vil dette føre til mangel på varer, da køberen ikke er tilfreds med kvaliteten af ​​varerne og kvaliteten af ​​den leverede service. V Penjual harus selalu besahaan untuk besiktas kusangan dan meleinanya sampai selesi transaksi jual-beli. Tindakan kasalan yan dalam rationel medupa transaxi jual-beli adala dengan mekari terima kashih kepada kasalan

Ada pelebu dimensi pokok dari seorang tenaga pengenjaan, desamplant pelebu dimensi pepanganan yang mendingikasikan potensinya untuk bisa menikang menjadi seorang sales manager Diantanya, persuasion dimansi. Yaitu persibih penjual yang effektif memeliki dalam vindarah sebuah tendidad untuk selalu selaaa samparat orang lain. Kecenderungan overtalelse ini menjadi vama dari privitbunya. Orang seperti ini tidak bisa duduk tenang bila dia mengethai ada orug lain yang berbeda paramatang danyah. Størrelsesstabilitet. Yaitu eritaanan severungan dalam kekepangan kekepangan merupakan modal pentang untuk overbevis dalam karir pejanganan. Semua prosa menjual akan dihadapkan kepada besamya kasutsanat oleh kalon kusantan. Denne proces kaldes seperti ini bukan untuk orang denga hati yang lema.

mål for tillid. Yaitu sifat untuk berani, tegas, tepai diwarnai oleh horumat yang baik kepada hak prospekt og kusantan untuk sekut bagi diri merak sendiri. Sifat ini bør ejes af en sælger, der planlægger at øge antallet af tilfredse kunder. Menurut Sutamto (1986), tenaga pengenjaan harus saaat sayaat yang menarik, lincah, sopan, sehat dan ulet, jujur ​​forstår principperne for ledelse. der henviser til, at Faisal Afif (1982) viser, at man bør være opmærksom på tenagi punjual;
a) Dyrets udseende
Untuk keraming hati kunstali, maka perlu utsamaan pamansaan seorang penjual seperti kebinah lakunya, kesegaran wajah dengan senyum yang saranah, bagimana tutur katanya og så videre. Ifølge Yati Sulastri viser undersøgelsesresultatet, at 55 % af de 900 adspurgte kvinder i alderen 18 til 24 år finder ham attraktiv på grund af deres intelligensniveau, og kun 1 % anser ham for god.

b. Straffespecifikationer

Menurut Sutamto (1986), karakterisitik tenaga pengenjaan dapat bisih menjadi.
1. Sicap
Sikap yang baik adalah dengan pendigi detigan posi yang tegak, tidak beduman pada ethalase atau Benda-Benda laiunya. Karena dengan sikap ini akan kesan kepah kepalu bahua penjual selalu siap untuk membulan og meleina kuperka dengan penuh semangat. Så dette er en god start for et abonnement.
2. Luftmus
Sebagai penjual harus memerlihatkan air muka yang tetap raham, relaks dan tidak tegang. Bersikap takui-olah penjual adalah manusia yan tetap gebira. Usahakan jangan sampai rasa jamu nampak pada mel calamus
3. Suara og Bahasa
Berbicara dengan jelas, tegas dengan tutur kata yang sopan. Sig ikke, kasar dan beribara-tele, jangan sriget-dzherit atau domana tenenga kholop, jangan berbisikbisik, serta tunjukanlakh beribara yan sevajamya atau tidak beritabuat. Selama birabara selalu ke arah ke arah kerberi, jangan cepat-jepat memutus pembikaraan og javabla segala teputasnya dengan tepat. Selin Itu, wudaya nada suara. Berusahalah untuk dapat berikut dengan nada yang overbevisende.
4. Tøj
Pakayan harus nampak bersih, rapih, sopan dan nampak terpelihara, tidak ada kanch yan parsat, kain yan sobek atau kusut dan lain somra. Det tøj, du har på, skal være smagfuldt (smykker og terutama pada toko-tøj). Med toko pakaian, pekaininya harus menggunakan mode-mode mutakir teppa tidak terya menyolok mata.
5. Rambut
Sekentnya rambut dipangkas praktis agar mudah muutsinya dan selalu dapat disisir rapih. Bagi vanita, berehing rambut tidak usah terenu panjang karena dikhavatirkan akan bantutu kelankaran bekerja.
6. Tangan
Jangan sesekali menggunakan kutek manyolk yan
7. միմահարդարում
:
8. տեպրիբադյան պենջուալ
Kepribadian penjual yang baik dikekanan dengan rasa permanya diri, kesopanan, համբերություն, kejujuran, suka membulan, semangat, kepisat atau kedisiplinan, tepagan, tepagan og dapat menba. Ելաին դապատ պեր պեր ապա պեր ոլեհ ոլեհ դապատ կոկանի կյկանի կՉ

B Կապի բիզնես


Keahlian seorang penjual dalam, kommunikerer med Omroat Alat promosi untuk beluah minat calon kerberi damal berbelanja, komunikasi adah calon untuk perterkan pengertian yang yangas sama, ի ը ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի ի բիզնե բիզնե շխ, որը է
Effektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya stipendari halpapa hal:
1 ընկալում. Komunikator harus dapat memprediksi apakah besked yang sikwadi dapat dimitaba komunikan.
2 Քեթեպատան. Komunikan atau հանդիսատես memiliki kereman picker. Գ յ տ տ տ կոմունիկ պերլու մենգեկ մենգեկ փրկիչ դենգ կրե պիկեր պիկեր ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։ ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։ ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։ ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։ ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։ ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։ ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։ ։ ։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։։
3 Վստահելիություն. Dalam berkomunikadi komunicator perlu memiliki suatu ipsumansi bawah komunikan dapat mishkan. Մյուս կողմից, նա նույնպես պետք է ստանա հաղորդակֽվվողհ
4 Դրամ անդալյան. Dalam komunikasi, komunikan memerika reaksa/umpan balik/feedback tepadang pesan yang silawa. Reaksi ини harus bisa dianticipazione gamandi kontroli oleh komunikator seha tidak melenceng дари цель komunikasi ян taksana.

5 Կեկոկոկան. Լավ հաղորդակցվողը կարող է պահպանել հարաբերություններ հարաբերություններ որոնք որոնք հաճելի հաճելի են հաղորդակցվողի

Tujuan komunikasi bisnis
Secara umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu; Мембри Informasi (տեղեկացնելով) համոզել (համոզել), ապա համագործակցել, (համագործակցել) հանդի հետ (Pelanggan):

ա. Անդամների մասին տեղեկություններ
Հաղորդակցության առաջին բիզնե բիզնե աշխարհին. harus memilikan media mana yang akan bebekani.dan itu peranganan pada polyshkan persahaan denga melihat համոզիչ ներքին perushakan tersebut. Contoh yang lain misalanya sebuah Departemen Store masang tulisan զեղչ besar besaran pada produknya.

բ. Անդամների համոզում
Կապի բիզնե նպատակը կողմին է է է է ընկալվի ընկալվի ընկալվի ընկալվի ընկալվի ընկալվի ընկալվի հետ հետ հետ հետ հետ հետ հետ հետ հետ բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների կապված բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների ' կապված կապված կապված կապված կապված կապված բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների կապված կապված կապված կապված բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների բանակցությունների երկու կողմերը կողմերը քաղեն քաղեն միմյանցից ՝ դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայք դեղորայք դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայք դեղորայք դեղորայք դեղորայք դեղորայք դեղորայք դեղորայք դեղորայք դեղորայք ' ային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային դեղորայքային

Гамбар Мембери Убежденный

գ) Համագործակցության իրականացում
Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi,atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain, melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama bisnis, saat sekarang seiring komunikation dengan pesatasi mediagun se tele , факсимиле, телпон селулер, интернет сурат электроник, телеконференция. teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerjasama bisnis.
Гамбар 2, Колабораси

C. Mengidentifikasi gerak Tubuh pelanggan

Dalam dunia bisnis, ada dua bentuk komunikasi yang lazim digunakan, yakni komunikasi вербальный og komunikasi невербальный.
1 Komunikasi устно (вербальное общение)
Adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal.yaitu bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (skriftlig) atau lisan (mundtlig) Dalam dunia bisnis, komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal.dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan- men bekupa disampaikan- men bekupa disampaikan-, men bekupa disampaikan;

et ordforråd (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.

2 Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif og succes bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
c Intonasi suara: akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
d Humor:dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia.Dugan (1989),memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e Singkat dan jelas. Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.

f Timing (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.

Dalam dunia bisnis dapat dijumpai berbagai macam contoh komunikasi verbal, misalnya:
• Membuat dan mengirim surat teguran kepada nasabah yang menunggak pembayarannya.
• Membuat dan mengirim surat penawaran harga barang kepada pihal kain.
• Membuat dan mengirim surat konfirmasi barang kepada pelanggan.
• Membuat dan mengirim surat pemesanan barang (order) kepada pihakm lain.
• Membuat dan mengirim surat aduan (claim) kepada pihak lain.
• Membuat dan mengirim surat permintaan barang kepada pihak lain.
• Membuat dan mengirim surat penolakan kerja.
• Membuat dan mengirim surat kontak kerja kepada pihak lain.
• Memberi informasi kepada pelanggan yang meminta informasi produk-produk baru.
• Berdiskusi dalam suatu tim kerja (teamwork).
• Melakukan wawancara kerja dengan para pelamar kerja di suatu perusahaan.
• Mengadakan breafing dengan staf karyawan.
• Mengadakan pelatihan manajemen kepada para manjaer operasional/lini bawah.
• Melakukan presentasi proposal pengembangan perusahaan di hadapan tim penguji.
• Melakukan telecomfrence dengan pihak lain.

Apapun pekerjaan dan profesi anda, anda tidak bisa menghindar dari komunikasi. Ketrampilan komunikasi secara personal sangat dibutuhkan dalam memuluskan tugas-tugas anda, seperti mengungkapkan ide, negosiasi, presentasi, lobbying, maupun networking. Semuanya itu berhubungan erat dengan communication skill, yakni :
a. Mendengar dengan efektif
b. Membuat dokumen dengan ejaan dan kalimat yang tepat
c. Mengajukan pertanyaan yang tepat saat berhadapan dengan klieun
d. Mengorganisir informasi ke dalam kalimat dan paragraph
e. Menggunakan tata bahasa yang baik
f. Menggunakan vocabulary bisnis dengan benar
Berikut ini adalah cara melakukan komunikasi lisan (verbal):
a. Kekuatan kata
Jangan menggunakan kata-kata yang sulit diucapkan dan dihafalkan. tetapi gunakan dengan kata-kata yang lebih mudah dicerna. Tetapi agar kata-kata anda terkesan kuat, gunakan istilah tertentu untuk memperjelas maksud dan tujuan pembicaraan

Gambar, ekspresi wajah

b. Ragam bahasa
Pahami dan kuasai ragam bahasa, baik yang resmi maupun tidak. Baik bahasa lisan maupun tulisan. dan ketahuilah ragam bahasa dalam suatu kalangan kemudian gunakan bahasa tersebut di kalangan itu. misalnya bahasa pergaulan di orang-orang perbankan berbeda dengan bahasa orang-orang penerbitan. dengan demikian anda bisa lebih fleksibel dalam berbahasa tergantung situasi dan kondisi yang tengah anda hadapi

c. Kekuatan suara
Perhatikan kualitas suara dalam komunikasi verbal. gunakan intonasi dan nada suara, tempo, jeda, dinamika, dan ekspresi suara dengan baik dan benar. ketika berkomunikasi, usahakan suara nafas tidak terdengar. kontrol kualitas suara dengan baik. jangan bicara dalam nada yang terlalu cepat tapi juga jangan terlalu lambat. gunakan kecepatan suara sedang. sehingga anda tidak kesulitan memenggal kalimat tanpa kehilangan maknanya. dengan ekspresi suara yang jelas, kalimat-kalimat yang anda ucapkan menjadi lebih jelas dan mudah dipahami.

d. Hindari aksen daerah
Hindari komunikasi yang menunjukkan aksen atau logat daerah yang terlalu kental.. Tunjukkan karakter suara yang tegas namun dengan tutur kata yang teratur serta intonasi suara yang tepat.
e. Menjadi pendengar aktif
Komunikasi yang efektif dapat terwujud karena adanya keseimbangan antara pembicara dan pendengar. Anda bukan hanya bisa berbicara tetapi juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. tentu saja menjadi pendengar yang aktif. simak ucapan lawan bicara dengan seksama dan dengarkan dengan sensitifitas yang tinggi. beri respon positif terhadap pembicaraan tersebut dan ungkapkan pendapat anda.

2. Komunikasi Non Verbal

Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi nonverbal (nonverbal communications). Contoh komunikasi nonverbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara Menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, manusia telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh perilaku yang menunjukkan komunikasi nonverbal :
• Menggerakkan gigi untuk menunjukkan kemarahan.
• Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang sedang berpikir.
• Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun.
• Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan penghormatan.
• Membuang muka untuk menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain.
• Menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keheranan.
• Menganggukkan kepala untuk menunjukkan tanda setuju atau OK.
• Berbicara dengan mengambil jarak agak menjauh untuk menunjukkan bahwa lawan bicaranya belum begitu dikenal dengan baik (asing).
• Menutup mulut dengan telapak tangan untuk menunjukkan suatu kebohongan.
• Telapak tangan yang terbuka untuk menunjukkan kejujuran.
• Tangan mengepal untuk menunjukkan penuh percaya diri.
• Gerakan kaki dan tangan secara tidak teratur, bagaikan orang yang kedinginan untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang grogi (nervous).
• Seseorang mengirimkan seuntai bunga kepada teman yang meraih sukses bisnis untuk menunjukkan rasa simpati dan ucapan selamat atas kesuksesan yang diraih.
• Asbak di atas meja tamu untuk menunjukkan bahwa tamu diperbolehkan merokok.
• Simbol dilarang merokok yang terpasang di ruang tamu untuk menunjukkan bahwa tamu dilarang merokok.
• Ruang tunggu sebuah bank disediakan tanpa tempat duduk untuk menunjukkan bahwa para nasabah akan dilayani dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Pada umumnya, bentuk komunikasi nonverbal memiliki sifat yang kurang terstruktur yang membuat komunikasi nonverbal sulit untuk dipelajari. Sebagai contoh, seseorang akan mengalami kesulitan bila menyuruh orang lain untuk mengambil buku kerja di suatu tempat yang terdapat beragam warna maupun judul bukunya dengan menggunakan bahasa nonverbal. Di samping itu, proses belajar yang dialami seseorang untuk dapat melakukan perilaku nonverbal juga sulit dijelaskan.

Komunikasi nonverbal juga lebih bersifat spontan dibandingkan dengan komunikasi verbal dalam hal penyampaian sesuatu, seseorang sudah memiliki suatu rencana tentang apa yang ingin dikatakan. Contoh yang paling sederhana adalah mengerutkan dahi ketika sedang memikirkan sesuatu. Ekspresi wajah yang memerah karena ingin meluapkan kemarahan, mondar-mandir tanpa tujuan yang pasti karena pikiran sedang kacau dan sejenisnya. Hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang bersifat alami (natural) dan tak pernah direncanakan sebelumnya. Ekspresi seseorang baik senang dan sedih, juga termasuk kedalam komunikasi nonverbal.

Komunikasi nonverbal sering tidak terencana atau kurang terstruktur. Namun, komunikasi nonverbal memiliki pengaruh yang lebih besar daripada komunikasi verbal. Isyarat-isyarat komunikasi nonverbal adalah sangat penting terutama untuk menyampaikan perasan dan emosi seseorang.

Satu kebaikan nonverbal adalah kesahihannya (reabilitas). Hal ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan-pesan yang disampaikan dengan menggunakan bahasa isyarat.

Secara umum, orang akan mudah menipu orang lain dengan menggunakan kata-kata daripada menggunakan gerakan tubuh (bahasa isyarat). Komunikasi dengan menggunakan kata-kata akan lebih mudah dikendalikan daripada dengan menggunakan bahasa isyarat (gerakan badan/tubuh) atau ekspresi wajah. Hal ini disebabkan oleh sifat komunikasi nonverbal yang spontan. Ketika seseorang mendengar berita yang menyenangkan, ekspresi wajah seseorang nampak cerah ceria, seolah-olah tanpa beban.

Komunikasi nonverbal penting artinya bagi pengirim dan penerima pesan, karena sifatnya yang efisien. Suatu pesan nonverbal dapat disampaikan tanpa harus berpikir panjang dan pihak audiens juga dapat menangkap artinya dengan cepat.

Tujuan Komunikasi Nonverbal

Meskipun komunikasi nonverbal dapat berdiri sendiri, namun seringkali berkaitan erat dengan ucapan (lisan). Ini berarti sering terjadi penggabungan antara komunikasi verbal dan nonverbal dalam suatu situasi. Kata-kata yang disampaikan dalam suatu percakapan hanya membawa sebagian dari suatu pesan. Sedangkan bagian lain, disampaikan melalui sinyal-sinyal nonverbal.

Tujuan komunikasi nonverbal menurut John V. Thil dan Courtland Bovee dalam Excellence In Business Communications, komunikasi nonverbal mempunyai enam tujuan, yaitu :
a. Menyediakan/memberikan informasi,
b. Mengatur alur suatu percakapan,
c. Mengekspresikan emosi,
d. Memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal,
e. Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain,
Dalam dunia bisnis, komunikasi nonverbal dapat membantu menentukan kredibilitas dan potensi kepemimpinan seseorang. Jika seseorang dapat belajar mengelola pesan yang dibuat dengan bahasa isyarat, karakteristik atau ekspresi wajah, suara dan penampilan, ia dapat melakukan komunikasi dengan baik. Ia harus tahu bagaimana menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada para bawahannya, kapan dan kepada siapa pesan-pesan bisnis itu harus disampaikan.

3. Hubungan Komunikasi (Communication Connection)
Untuk mencapai suatu organisasi, diperlukan adanya suatu proses komunikasi yang dapat mentransfer pesan-pesan dari pengirim ke penerima pesan. Secara umum, komunikasi mempunyai dua fungsi penting dalam organisasi: (1) komunikasi memungkinkan orang-orang untuk saling bertukar informasi; (2) komunikasi membantu menghubungkan sekelompok anggota dalam organisasi yang terpisah dari anggota lainnya.

Umumnya, organisasi sangat tergantung pada komunikasi untuk mencapai tujuannya. Penelitian yang dilakukan oleh J. Michael Sproul menunjukan bahwa, orang-orang dalam organisasi menggunakan 69 persen dari hari-hari kerja mereka dengan menggunakan komunikasi verbal, baik itu berbicara, mendengar, menulis ataupun membaca. Tetapi, tidak berarti bahwa bentuk komunikasi nonverbal tidak penting bagi suatu organisasi.
4. Bahasa dan gerak tubuh
Menurut Mc. Garry tahun 1975, dalam bukunya “Communication Knowledge and The Librarian” membagi komunikasi nonverbal ke dalam tiga kategori yaitu:
a. The Objeck Languages
The objeck languages, adalah komunikasi yang diungkapkan melalui pakaian dan setiap kategori benda lainnya seperti perhiasan, meja, hiasan, dinding dan lain sebagainya.
b. Sign Languages
Sign languages adalah semua bentuk komunikasi dengan kata-kata, angka atau fungsi benda lainnya digantikan oleh gerak (gesture). c. Action Languages
Action languages adalah komunikasi yang diungkapkan melalui gerakan tubuh.
Menurut Tubbs dan Carter tahu\n 1978, komunikasi nonverbal dapat dikelompokan sebagai berikut:
a). Body Motion atau Kinesic Behavior
Body motion atau kinesic behavior adalah jenis komunikasi yang diungkapkan melalui gerakan tubuh, posture, tangan, kaki, ekspresi wajah, gerakan mata, tangkai dan lengan.
b). Physical Characteristic
Physical characteritics adalah jenis komunikasi yang diungkapkan melalui bentuk fisik atau tubuh, daya tarik yang bersifat umum, tinggi badan, berat badan dan warna kulit.
c). Touching Behavior
Touching behavior adalah jenis komunikasi yang berupa gerakan seperti pukulan, tindakan memegang dan lain-lain.
d). Para Languages
Para languages adalah seseorang mengucapkan sesuatu bukan yang sebenarnya.
e). Proxemics
Proxemics adalah jenis komunikasi yang berkaitan dengan penggunaan ruang personaldan sosial.
f). Artifact
Artifact adalah bentuk komunikasi melalui cara manipulasi objek kontak dengan seseorang, misalnya penggunaan parfum, pakaian, lipstik dan lain-lain.
g). Environment Factors
Environment factor adalah penyampaian komunikasi dengan cara dekorasi ruang, lampu dan lain-lain.

5. Perilaku kinetik dan paralinguistik

Komunikasi nonverbal kadang tidak diperhatikan, namun sebenarnya memegang peranan yang penting. Komunikasi nonverbal muncul dalam tatap muka secara langsung. Komunikasi nonverbal, misalnya gerakan tubuh membuat pembicaraan menjadi tidak membosankan. Dalam bagian ini, kita akan membahas mengenai perilaku kinetik dan paralinguistik.

a. Perilaku kinetik
Perilaku kinetik berkaitan dengan bahassa tubuh. Misalnya, gerakan badan, gerakan anggota tubuh, ekspresi wajah, gerak mata, dan sebagainya.

1. Tampilan mata
Sorot mata, bentuk mata, bisa menjadi alat mengungkapkan suatu pesan, misalnya:
a). Sorot mata yang terlalu tajam dapat mengungkapkan adanya rasa ingin tahu yang besar, menyelidik, atau ketidaksukaan.

b). Menghindari kontak mata langsung menunjukan tidak adanya perhatian atau tidak adanya keinginan untuk melakukan percakapan.

Gambar Prilaku kenetik

c). Pandangan mata ke bawah menunjukan rasa malu, bingung, atau berfikir sejenak.
d). Pandangan mata mengarah ke suatu benda atau menatap kosong, menunjukan sedang tidak konsentrasi, dan lain sebagainya.

2. Tampilan mulut
Bentuk mulut seseorang juga bisa mengkomunikasikan suatu pesan tertentu, misalnya:
Mulut yang menampilkan senyuman menunjukan perasaan yang sedang senang, sedang baik, atau menyetujui sesuatu yang sedang disajikan atau dibicarakan.

3. Ekspresi wajah atau mimik Adalah hasil dari satu atau lebih gera kan atau posisi otot pada wajah.

Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komuni kasi non verbal,dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Manusia dapat mengalami ekspresi wajah tertentu s

0 Response to "Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan (Penjualan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel