TATA CAHAYA dalam Seni Pemeranan / Teater
Far vil have
Chahaya Adal: Unsur Tata Yang Paling Pantong Dalam Gambangan Theatre. Tanpa adnya chahay maka pasangan tidak akan dapat dapatan up-apa. Dalam Giganan primitive æra manusia hanya mengunakan chahaya matahari, bulan atau opi antuk menangi. Sejak powatanwannya lampu basiclanan manusia sarikan redigering og menaka hal-hal baru yang dapat dbukan ontuk menangi pingang sider. Seorang penata chahaya perlu delmanuen djanjani dasar og puesangganon pekamanan tata chahaya.
Pengetahuan dasar ini selakan dapat dapat yang yang yang yang bergan dalam pelanatan chahaya ontuk pelagang artik pemanggungan.
Pengetahuan dasar ini selakan dapat dapat yang yang yang yang bergan dalam pelanatan chahaya ontuk pelagang artik pemanggungan.
3.1 Tata Shahiya svamp
Tata cahaya yang hadir di atas pingang og meninari semua objekt alohet pengati kansatis bagi tutsara, skuespiller, dan takasana untuk saling melihat og connectator. Objekt Semua yang disinari mikejaan yang yang klar yang kepada kepakaan tetangung segala seudas yang akan dicommunikasikan. Dingan Chahi, Sutradar Dabat Elusi Kalpanativ Præsentation. Banyak hal yang bisa dirkama bekaitan dengon peran tata chahaya teppa phungsi dasar tata chahaya ada mpat, yaitu besikken, dimensi, selikan, dan atmosfer (Mark Carpenter, 1988).💡 belysning. Dette er Tata Chahayas primære funktion. Lommelygten oplyser spillerne og alt på scenen. Istilah ilkejikan dalam tata chahaya pangung bukan hanya kommunale membraner ifek terang sehato bisa dilihat buti Membiri ilkejikan private partin dengan density barkuten. Tidak semua area di Atas pingghut memeliki tingkat terang Yang sama tapa diatur dengan tujuan og maksudad sama seheda emphatika pesan Yang hendak sua melalui laku repræsentant di Atas pentas.
💡 Dimensioner. Dengan tata chahaya sebuah objekt dapat disitrakan. Dimensi dapat besikken dengan Membagi sisi dark dan terang atas objekt yang disinari sehatan matat perspektiv Tata Pangong. Du har også brug for diterangisi-densitet eller mere Yang Akan Tertangkap na Mata Taksana Menjadi Datar. Dengan keratan tingkatensityasi serta pemilahan cc jelap og terang maka objekt efter akan munpulag.
☄ Valg. Tata chahaya dapat bewatawatsana untuk telekan objekt og område yang hendak disinari. Zika Dalam film- og tv-udgaver, der husker adegan mengunakan kamera gør sututrasa pangung telei dengan chahaya. I teatre tvinger det sædvanlige publikum Seker, Malihat Seluh Pangong District, Ontuk Megakan District epicentret af Bada Ato Aksi Sartan Sutarsan Chaha. Dette valg påvirker ikke kun publikums opmærksomhed, men også skønheden af skuespillerne og publikum på scenen.
💡 Atmosfære. Paling new menarik dari funsi tata chahaya adalah prasuasanya præsenterer ombasan yang emosi indflydelser på mga. Kata bruger "atmosfære" til at beskrive stemningen og følelserne i en historie. Tata chaya mambo sampangan sambas yang oleh oleh lakoon. Siden opfindelsen af lysteknologi kan lamper bruges på Menirukan Chaha Bulan Dan Matahari på bestemte tidspunkter. For eksempel, warna chahaya matahari pagi vinna dengan siang hari. Sinar Mentari Pagi Kehangtan Kehangtan Kehangtan Sinar Mentari Siang Hari Terasa Panas. Det er et billede af atmosfære og følelser, som Tata Shahya kan overskygge.
Kimpt phungsi pokok tata chahaya di atas tdak peinsi sendiri. Forståelse og kvantificering af medfødte interaktioner hos pattedyr (celleeffekten). Beskriv den funktion, der udføres ved at vælge et specifikt område for at give indtryk af et objekt med dimension, atmosfære og følelsesmæssig begivenhed. Gambar 203 viser den interaktion, der kræves af Fungi Pokok Tata.
Selan kepetua fungsi pokok di atas, tata kahaya memeliki fungsi doğaningan yang ekstorp sekara bereis oleh masing ahli tata cahaya. Her er nogle af de nyttige funktioner, der er tilgængelige i Tata Chaha.
🔩 din nabo. Tadakal i Tata Tea: Achal. Sepanjang Paymentson, Chahaya Selalu Mbengah Dan Kemangan Dari Area Satu Ke Area Line, Dari Objek Satu Ke Objek Line. Gerak kadang kahaga ini menglir sehaga kadang-kadang tekadanya disadari oleh tekadang og kadang tidak. Hvis lysets bevægelse bevæger sig fra en skuespiller til en anden i et andet område, vil publikum se det tydeligt. Men den borgerlige chahaya dalam satu ketika adegan tengah tukta sikke tdak sekar langsung disadari. Tanpa Sadar Auditor Beta Ki Dalam Ambasan Yang Perpetta Melaloy Perawakan Chahi.
⚙️ Jaya. Chahaya dopattan gaya payesan yang sedanng dilkankan. Gaya realis atau naturalis yang mensyartkan detil natayat menharuskan tata chahaya takaya chahaya almi separti matahari, bulan atau lampu meza. Dalam gaya surelis tata chahaya diproexican untuk menzan imagine atau fantasy di luar natadan sehalihari. Dalam payson komedie atau dagelan tata chahaya nekebu tingta yang tinggi yang tinggi sehat kepat gerak luchu yang dikant oleh actori dapat tertangkap jelas oleh tekantsi.
☀️ Installation. Cahaya kan bruges til at skabe en melalui tatanan warna yang-malerscene.
☀️ Penecanon. Tata chhaya dabat kekepe kekembekan kepekanon Bada Sedan Atau og Goh Yang Deningkan. Pengunasan warna certaensityi dapat menarik menatan tekantsan seha mendua pesan yang hendak sebadya.
En del af en stor bygning, der altid er oplyst gennem hele showet, vil fange publikums opmærksomhed og rejse spørgsmål, så publikum kan udforske formålet med rummet.
☀️ Pemberian Tanda. Chahaya funksiza til membraner tanda selma gamengan tukta. For eksempel fondu untuk sukukuri sebuah adegan, fondu untuk sukukuri adegan og black out sebagai akhir dari cerita. Dalam payson traditionelt swing, black out besiktas sebgai sebgai tanda Song Adegan angsati dengan pargantian band.
3.2 Tata Kahaya-udstyr
Kerza tata chahaya adalah kerza setarna sinar di atas pentas. Kekakapan dalam mendicitribusi chahaya ke atas pentas sangat kekepakan. Dengan penkapanan tata chahay, kontrol atau kendal atas Distribuchi chahaya itu dikaarmasa. Penta-te skal kontrollere teens tæthed, farve, retning, form, størrelse, kvalitet og bevægelse. De pendali itu bisa disinkykan karen adanya penkapana tata cahaya yang memang dizione untuk tujuan tersebut. Penguasan pekaman vajhib turumani Ole bevis chahi.3.2.1 pære
Bohlam (lampe, pære) Adal Sambar Chacha. Bagian-Bagian dari bohlam tasadi atas adverbier, strenge, grundlæggende dan (GB.204). Jakken er en skal af glas, glas eller kvarts, der beskytter materialet mod luft og modstår ild.Vægemateriale Menaung Yang Terbahan Panas Vidyut Menjadi Chahay. Ukuran og sukuknya bergam-macam adapatan dengan irahiti panas og hasil chahaya yang dingingkan. Fordi chahaya dari-tråde producerer panas maka ya juga mendiya lemakha karena panas seha mudah rusak. Oleh Karena itu instlongan og lancere bohlam hendakanya dinkanya dengan hati-hati selayde ketika kondisnia segang samlai. Base, adalah dasaran untuk pelikan bohlam pada dudukan yang pasayan og merupakan komponenti yang yang beliging filament dengan arus listrik. Genis og Pennock Berbeda Beda Base. Ifølge Dudukan er hver type lampe tilgængelig fra en bestemt producent.
Forskellige former for Bohlam
Billedet ovenfor viser forskellige størrelser. Næsten alle lamper laves separat med reflektorer, men i PAR-lamper bliver lampen en enhed med en reflektor og en linse, så hvis lampen dør, skal alle komponenter i enheden udskiftes. Først ind, Janice Bohlam Lambeau Bangong Ada Tega Yaito; Wolfram og wolfram halogen udledning. Tungsten bruges til lamper under 1000 watt. Wolfram halogen, 1000 watt.
Mens du downloader adlah lampu yang hanya bisa diopersican sekar seperti lampu guide followspot. Pengunganan genis bohlam ini didasari pada duranihan materiale menahan panas tinggi dalam kurun waktu yang lama. Karina Bikirga Dingan Banas, Maka Qualitas Bohlam Minisuk Sining Penjangwan Wakto Wakto Wakto Batas Wakto Hisamunga (for livet) Tila Pietersan (Tirbatas).
3.2.2 Reflekser og feedback
Untuk gemizma cahaya dari bohlam ke objekt yang disinari Tetukuri reflekterende. Chahaya yang hanya belaman dari bohlam sinarnya kurang kuat og tidak terrah pancharannya. Dengon Reflektor Maka Pankaron Chahaya Yang Velihat Dari Bohlam Dapat Inducer, Knowledge, Dan Rihant. Lambo reflektor Pangong Menjunakan Tiga Genis Yaito; Elliptisk, sfærisk og derefter parabolsk.Ellipsereflektor bengutang lenkungan setenga ellipse (lonjong) yang sikbarak lampu sehata mensipatkan efek pankaran tiga dimension. Gark massende tøser tepadung sambar chahi tetape. Karena besuknya tersebut cahaya yang elimineret ole reflekterende elliptiske memeliki dua (tittik temu fokus cahaya). Focal Point 1 Titik Focus Sambar Chahaya (Bohlam) Kemidan Memantul Kembali Ke Reflex Yang Hasil Reflexinya Maksingati Titik Focal Point 2 Baru Kemidan fra Sambas.
sfærisk reflektor memeliki benuk cc yang membran. reflekterende genies ini izmikaze seluh cahaya langsung dari titik brændpunkt ke reflekterende yang mereflexikannia kembali melalui brændpunkt tersebut sebelum memencar. Garis Spiralan Imaginier maka panjang chahaya yang ditempuh masing-masing Garis chahaya adlah laver samme. Gambar 207 viser Millawis sfæriske reflektor i refleksion.
parabolsk reflektor memeliki cc parabolsk. Reflektor Genis Ini Mereflexikan Chahaya Langsung Dari Atau Melayu Kontaktpunkt Kemuida Separus Secara Paralele Maksana Chahaya Yang Byas Byas Hampi Sama Dengan Byas Reflektor (GB.208). Dengon semper, byas Chahay yang iradanan sangat dengon dengan byas inverter. Center Kontoh Lampo Sele Hari Yang Minju Nakan tilsvarende Adla Lampo.
Selain reflexi yang erada melalui reflektor, cahaya juga akan temenare reflexi seletah tetanen objekt penyinaran. Chhaya yang refleksion memantul seletah geneni objek dapat dibedanak menjadi empat genis, yaitu spejlende, diffus, diffus og blandet. Lys refleksion (separti cermin) memantulkan arah chahaya tanpa tabhanan besaran chahaya almi dari sumbarnya.
Diffus refleks tadari ketika chahaya yang menengai pedusat objekt memantul dengan penender yang merata ke segala arah (GB.210). Contoh dari reflexi er udbredt adalah ketika cahaya ke sebuah lukising dua dimensi.
Spredningen af refleksen sama separti Udbredelsen af tapai-refleksen Andelen af masingmasing garis chahay tidak sama. Cahaya yang menengei lebih tinggi garis cahayanya akan memendar et direflexikan lebih panjang dari yang plain (Gb.211). Kontoh Reflexi Adla Ketika Chahi Meningi Jombalan Aluminiumsfolie.
Blandet reaktion, diffus og opaliserende Miscalan-Dari refleksion. Beberaba garis chahaya dipendarkan sekar merata ke segala penjuru arah tepipa sebgai garis chahaya dipantulkan separti sermin (GB 212). Kontoh blandet reaktion Adla Ketika Chahia Mininari Gajang Pinto Dare Lugam, Jam Tangan Imus, Atau Lantai Kaew Yang Mingkilat.
3.2.3 Linsen
Chahaya pembiasan atau pembelokan sehata besar keçilnia ukaran chahaya bisa diatur. Alat yang untuk Mystiaskan cahaya er en glas-, glas- eller plastiklinse. Der bruges tre typer linser: pangung lampe, Yaitu plano konveks linse, Fresnel og pebble convex. Lens plano concex sisi luarnya beringut cembung (buet) og memiliki pedusat yang halus (Gb 213). En linse, der almindeligvis omtales som en PC ini, bruges til at skabe et klart synligt (solid kant) optisk kredsløb. Størrelsen og tykkelsen af linsen afhænger af størrelsen og intensiteten af det nødvendige lys.Fresnel-linse Justice Lensa Young-Bidasnia Mogolana Bergerjee (214 GB). En lommelygte, der bruger dette objektiv, giver en blød kant.
Kitplan Fresnel Lens Liebee Tepes Dore Lens Bc. Garis melbut surakan cahaya yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang sahlanan. Selvom den ydre overflade af en brostensbelagt linse ligner en computerlinse, er dens indre overflade ru som Fresnel (Gb 215). Denne ringlinse kaldes også en blændelinse.
3.2.4 LED'er
Istilah Lampu yang diwana di sini tidak menggaku pada kata bati tapai fanar. Kata bati diartikan sevagai bohlam se fener sebgai lampu sesa seluh chudongnia sesamum di nalamya bohlam. Ordet lanterne bruges af Sebagai Pembeda Antara Lampu pangung tbagan lampu rumahan. Dalam Lampu Panggung Ada Daptan Wildak Janice Lampu. Akan tepapa, sekara system dicategorikan k dalam dua genis, yaitu plaban og spot. Banya melikye chahaya dengan sinar yang sampas ku place melikye sinar yang menyorot terrah. Semua Lampu produkter memiliki keistimewaan ditsana dalam cahaya. Udvikling af lamu pinggang-teknikken skaber nogle gange noget nyt med mengcombinasikon-princippet og elementerne i det. Serverer Tugas utama dari lampu pangung adalah chahaga, warna, besung yang dapat adasipattan og diarikan menurut kehaut.3.2.4.1 Projektlys
Selengkapnya TATA CAHAYA Dalam Seni Pemeranan / Teater
3.2.4.2 ske
Lampo scoop rediger lambo flood yang minjunakan elliptisk reflektor og brug dapot dibukan ontuk warangal macam. Sinar Shahiya Yang Iradat Mmankar Seker Merata Dingan Guntop (219). Der er forskellige typer scoop-lys, der er specielt designet til specifikke pærer. Bohlam Bohlam Bohlam Bohlam Men generelt kan stellet bruges med glødepærer og wolframhalogener. LAMPU ini sangat daksh untuk menangi sahtan yang terbatas. क च च य मेंबोट स संग द उंटूक मेमदुक व ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।। ।।। । उंूक. Selain dibukan untuk pangung teater og teater boneka, scoop juga dibukan untuk tv, fotografistudie og museum gedungung yang yang mebukan besikken khusus seperti.3.2.4.3 Fresnels
Fresnel मेरुपाकान लामपु स्पत Yang Lampen er udstyret med en sfærisk reflektor og en Fresnel-linse (Gb 220). कारिना चित्र लेन्सा अंग बर्गेरिगी पादा लुयार्न्य म म म म म म म म म म म म म म म म म म म म म म म's light expression by bringing the lamp and lens reflector closer. Semakin Dekat Bohlam og relector ke lensa maka sran ahang semakin secakin. Sifat Surkan Kahai Yang Gentu Obi Pembangunan Doya Atau Libyen let Fresnel lam neutrofil mangel च Laser intensitetFresnel-lampen er fremstillet i forskellige former af linsestørrelse og styrke (din) som vist på figuren. 221. Linsestørrelse og dagslys påvirker lysudbyttet.
बेस लेन द द य केचिल केचिल पेनिन य तिड जूॉण।। orth, ia tidak bisa menyinari objekt yang jauh. सेपियाप लामपु मेलिकी. প্রদীপের সেটিং এর চেয়ে হলে হলে যে যে আলো ফোকাস করা হবে না (বুরাম) আতাউ তেরং ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।
Celine Eto'o, Karina Sivatnia Yang, Sidekit Sambas Maca Zeka Jarek Lambo Terzau Zawah Dare Objek Sibaran Chahania Akane Minerbus Ki Objek Lin. क क इनी इनी, franel lampen टड़क तेप प दि देव पिंगंग प प क क सेब च च पिंगंग पिंगंग पिंगंग पिंगंग बिस बिस बिस बक बक पिंगंग पिंगंग पिंगंग पिंगंग. Fernel ಬಿಬಿನಿಕ್ತ್ ಡಿ ಪಾಸಾಗೆ ಪಿಗಿಗ್ನ್ ಟೲನಿೲೲನಾ.
3.2.4.4 Profil
Lambo-profilen inkluderer lambo spot yang mingunakan linsa plano uthol sihat surakan cinar chhaya yang yang memelikansk presse tipi yang tegas. देंग मेंगु पसिजी लेंस, म सु सिन च आदपत आदपत आदपत. Zika Lampu's profil Dalam Peradaan Focus म सेल सेल bruger Fresnel Lampu Lampu's profil क बेस च द द द दिग बिस बिस सकक सकतु च दिग दिग दिग दिग च द दिग. Celine Sinar Sinar Chhaya Yang Melinkar Lambu Profil Dabat Masakinan Chhaya Sekar Morn Dingan Pantuan Chatter. श आतु मेल क इनी ट दी दी मपट (आत, ब, क, द की). Indstil lukkerpositionen.I Amerika kaldes denne lampe ERS (Ellipsoidal Relfector Spotlight) eller Lambo Yang Menjunakan Elliptical Relfector Spotlight. Colitis kan kaldes आटाय लेकोव (i Indonesien kaldes det almindeligvis लामपु आलिप्स आटाऍरॿ पु). Лампу generation ERS pertama poklatsya bohlam 45 grader рехар окше онлайн (kommandoer boom), пратифлок, dan posisi Lensa (Gb.222). Denne propel kaldes radial ERS. Lambo ERS axis pokoltka bohlam sejajar dengan moderne og optisk system. Denne propel kaldes ERS Axial (Gb.223). पुष पुष बोहल तडक सेज प अन अन kontaktpunkt द ेफ म द द केसे केसे केसे केसे ब ब.
GB.224 Lampeprofilmodel eller ERS Der er kun tre typer lamper, dvs. standard, bifokal og zoom. Mere information Pentangian fokusnya dengan verdekakan lensa ke bohlam. Untuk meguru bengu chahaya Di depan шатер ada untuk iris yang dapat seterung cahaya Berintuang melingkar. Untuk iris ini juga dapat diyukana untuk pokalan gobo (अल मेट ब य द मेप च च प मोटिफ य द).
Bifokal LAMPU Adlah LAMPU Standard Profil Yang Kupsadi Dengan Shutter Exipon. Den ekstra lukker er placeret ude af fokus, så lampen kan producere både stærkt og blødt lys på samme tid. (सेयरिंग पासोंगान, लामपु पासों सेकाब). Den første linse bestemmer fokus (standard separat pada lampu-profil), og den anden linse bestemmer lyskorrelationsstørrelsen (GB.225). Kombinationen af en standard lommelygte og en bifokal linse kan ændre størrelsen på lyscirklen, men i alle tilfælde er mulighederne begrænsede.
देंगन लामपु जूम उकुरान सुरिकान सिनार चाहाय दापत दियतुर आमान तितिक (निलाई) अंटरा मिनिमाल मक्सिमाल मक्सिमाल हान्या देंगन टम्बल आतुानान आतुानान.) Pada jenis ستاندرد دان ثنائي البؤرة هال ini harus dokani dengan mengati atau mengkombinasi Lensa yang nekelikan sekari expaniya eksipansi serta nekukan waktu pestalangan Masinan . ERS (zoomprofil)
3.2.4.5 Klæbet klippe
Lambo In Sama Dengan Fresnel Reflector Struktur Yaito Minjunakan. Forskellen er, at linsen er en konveks sten. I første omgang er disse lamperinge placeret ved hjælp af en plan-konveks linse, og ringen kaldes en pc-lampe. Lemo PC (Plano og Tel) fremstilles ikke længere i Amerika, og Yang Sampai Sekarng Masih Dibukan (Trotama de Yoruba) er en erstatning for Lemo Pebble Tottle i Peretal B Party). மேு குக்கு குர் செர் ை பிர்க்குத்திக்க் இைக்க்க்கு லாநாயா லாநாயா லாநாயா. For ved at bruge en konveks linse, er lyslinjerne, der produceres, mellem friselerne, som er bløde, og funktionerne er hårde. ल इनी संग ब केतिक ग सिन य तिड तिड सेमंत सेमंत ग च य ते क क.3.2.4.6 Spotsporing
Følg lambo spot sprøjte juga diketupp chon adalaah lambo yang dapot tamil sikarn langsong oleh, skuespiller ontuk jikari laku, skuespiller di atas pingang.Da den er manuelt styret, har denne lampe en solid konstruktion både optisk og mekanisk. Keseimbangan Diātūr sommit rupa sehāt gerāk के आत द के ब, के क द केकी द मेंग देंगन बिक. Penangatin besar kecilnya ukuran saranan sinar chahaya, fokus og warna diatur oleh kontrol. উন্টুক পোকলাতনিকা ল্যাম্পু লেকাকুডু দুদুকান দুদুকান (স্ট্যান্ড) খুসুস ইয়াং ড্যান টিংগি টিংগি ।। ।। Til en stor ventilator har det anvendte stativ som regel et hjul, så det er nemt at flytte ventilatoren fra et sted til et andet.
লাম্পু ফলো স্পট মেংগুনাকান বোহলাম স্রাব ইয়াং মেনাহান মেনাহান পানাস সার্টা মাম্পু মেনাহান দাপট তীব্রতা তীব্রতা ইয়াং ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।। পেঙ্গুনগানান বোহলাম স্রাব টিডাক পেমবাঙ্গানান সেকারা সেকারা ইলেকট্রিক সিফাতনিয়া হন্যা অন অন টিডাক ডিমমার ডিমমার ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।। Den Hellige Koran siger: "Den Hellige Koran" lyder. ল্যাম্পু ইনি সাধারণত আটাউ অভিনেতা সেকার সেকার ডালাম আরিয়াল ইয়াং অনুসরণ অনুসরণ ।। ।।
3.2.4.7
Af atau dapat juga eksyaar dengan af lambo justice yang bohlam, প্রতিফলক og en integreret lansania. Dette er det bedste af det bedste. অতএব ইউনিট ল্যাম্পু পার মেংগুনাকান কারেনা লাম্পু পার আদালাহ বেরুতুকান ওনতি ওনতি (ইউনিট) মাকা সিনার চাহায়ান্যা দাপট আদাপাতসিকন কেলুয়া লাম্পুন্যা ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।। ।।। ।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। লাম্পুন্যা লাম্পুন্যা লাম্পুন্যা ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। । উকুরান ব্যাস ড্যান ওয়াট পার করগুম-মা সাধারণত ব্যবহৃত 36, 38, 46, 56, Dan 64.Dette er sandt for Allah, den mest nådige, den mest barmhjertige. Untuk mengukur ব্যাস lampu af Sangatlah mudah yaitu dengan Membagi nomor af dengan 8 inchi. (56: 8 = 7) বেসরন সিনার ইয়াং ইরাদান সঙ্গত দারি উকুরান ব্যাস ব্যাস লম্পুন্যা Den hellige Koran er den bedste af de bedste. যদিও লাম্পু পার পেমবাঙ্গানান পেনাঙ্গান স্রাব স্রাব টুপাই অন্টুক পেরুসানং পিংং বোহলাম ইয়াং ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।
বাতিটি এমন একটি হাউজিং (হাউজিং) এ স্থাপন হয় যা হাউজিংয়ে যে স্থাপন তার সাথে সাথে সময়ে যেতে পারে ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।। ।।। ।।। যা হাউজিংয়ে তার সাথে সাথে সময়ে যেতে পারে পারে ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। ।।।।।।।।।। ধারকটির আকার এটিতে ইনস্টল করা বাতির আকারের মেলে মেলে (GB.230)। সিনার চাহায়া ইয়াং বেরকারক্টার বেরকারক্টার ড্যান লেবিহ বার্টাঙ্গু কেটিমবাং সার্কুলার (খাবারের খাবারের) ।। ।। Untuk mengethait Jenis karakter serta pinguk cinar yang yang yang yang yang lambo maka lambo fra minga yang maga variasi dingan mingcombinasekan pinjang linsa yang yang debukan. উদাহরণস্বরূপ، ল্যাম্পু পার 64 বিভিন্ন ধরণের বৈচিত্র প্রদান করে যা নির্বাচন যেতে পারে পারে، যেমন vnsp، nsp، mfl، wfl। VSP atau খুব সংকীর্ণ স্পট adalah lampu par yang mampu produar titik sinar yang sangat sempit. এনএসপি (ন্যারো স্পট) সিনার ইয়াং সেম্পিট তৈরি ইি এমএফএল (মাঝারি বন্যা) চরিত্র সিনার বন্যা মেনাঙ্গাহ করে ।। Wfl (ওয়াইড ফ্লাড) সিনার ফ্লাড ইয়াং মেলেবার তৈরি করে ।।
পার মেরুপাকান ল্যাম্পু ইয়াং ইফিকটিভ প্রোডাটস সিনার ।। ল্যাম্পু ইনি সেরিং ডালাম পেন্টাস গুয়াংগান ইনডোর ইনডোর এবং ড্যান মাম্পু পেনগাটান চাহায়া ইয়াং কুয়াত করেছে ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। কারেনা উকুরান্ন্যা তেলাহ বেকুতুয়ান মাকা পেলিটান পার পার সঙ্গত দারি লুয়াস দ্যান জারক এলাকা ইয়াং দিসিনারি ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।
3.2.4.8 প্রভাব
লাম্পু ইফেক অ্যাডলাহ লাম্পু ইয়াং কাহাহি খুসুস অন্টুক বেসেহাত স্পেসিফিক। উদাহরণস্বরূপ، একটি থিয়েটারের উপস্থাপনায়، কল্পনায় ভরা আলোর মেঙ্গেন্দাকি পেইন্টিংয়ে ল্যাম্পু ইফেক্ট ব্যবহার করা যেতে যা পেইন্টিং লাইট তৈরি করতে পারে মাদামাদা আনেক ম্যাকাম ল্যাম্পু টেপাই সেমুয়া সঙ্গত সেমুয়া কেহানান এবং সেঙ্গাহ আর্টিস্টি। আর্টিস্টি আর্টিস্টি আর্টিস্টি আর্টিস্টি আর্টিস্টি আর্টিস্টি 231 হালকা প্রভাব যা যা প্রায়শই ব্যবহৃত হয়।3.2.4.9
ব্যবহারিক বাতি বলতে যা বোঝায় তা হল বাতি যা সেগালি সেগালি ব্যবহার ব্যবহার করা কিন্তু সেবুয়াহ পেমেন্টাসনে পাওয়া না ।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।।। যেমন লম্পু বেলাজার، লাম্পু গান্টুং আতাউ হিবন ডিন্ডিং ।। যে থিয়েটার শোতে বাস্তবের গল্পকে বাস্তবের ওপর ভিত্তি করে উপস্থাপন করা হয়, মঞ্চ তৈরি করা হয় বাস্তব পরিস্থিতির সঙ্গে সাদৃশ্যপূর্ণ। জিকা দালাম সেরিটা মেঙ্গেন্দাকি আন্দানিয়া ল্যাম্পু গান্টুং দি সাতু রুমাহ লাক্সুহ মাকা লাম্পু তেরসেবুত হারুস দিহাদিরকান। জিকা সেরিটা তেরদা মলম হরি দ্যান ল্যাম্পু তেরসেবুট হারুস দিয়ালকান মাকা লাম্পু গান্টুং ইতুপুন দিয়ালকান। কারণ পঙ্গুং-এর অবস্থা বিবৃতি থেকে ভিন্ন, মাকা তুগাস পেনাতা লাম্পু আদালাহ সেটেরুং টেকনিকি তেকান্তু সেগুহ সুম্বার চাহায়া তাকুই-ওলাহ হন্যা বেদালাম দারি লাম্পু গান্টুং।3.2.5 পারলেংকাপান ইনস্টলানল
উন্টুক মাসং ল্যাম্পু দি আটাস পেন্টাস তেতুকং ভারঙ্গন ম্যাকাম পেলাংং প্যান্টাংলিং। পেরলেংকাপান তেরসেবুট আদা ইয়াং তেলাহ তেরপাসাং সেকারা পারমানেন ড্যান আদা ইয়াং দাপট ডিপিন্ডাহপিন্দাহকান। Di bawah ini akan semplarg mentangan penstalangan lampu yang tasang dari bar dan boom, stand, serta clamp dan bracket.3.2.5.1 বার ড্যান বুম
পারলেঙ্গাকাপান ইন্সটল্যাঙ্গান ল্যাম্পু অবশ্যই শক্তিশালী উপাদান দিয়ে তৈরি হতে হবে যাতে এটি ইনস্টল করা বেশ কয়েকটি ল্যাম্পের ওজন সহ্য করতে পারে। ডালাম পাংগুং সাধারণত দাপটান বারিস আনটুক মেংব্যাংকান ল্যাম্পু ইয়াং কেইটা দারি পিপা বেসি ড্যান ডি আতাউর সেকারা অনুভূমিক ড্যান ভার্টিক্যাল। একটি স্টিলের পাইপ যা অনুভূমিকভাবে ইনস্টল করা হয় তাকে একটি বার বলা হয় (আমেরিকাতে এটিকে একটি পাইপ বলা হয়), এবং যেটি উল্লম্বভাবে ইনস্টল করা হয় তাকে বুম বলা হয়। আপনি স্ক্রিনের উপরে একটি বাতি ঝুলাতে এটি ব্যবহার করতে পারেন। ডালাম পিংগুত আধুনিক বার টিডাক কেইটাত স্ট্যাটিস মেনাং বিসা ডেভেলুপা দ্যান দিনাইক্কান সেহাত জারক দ্যান আঙ্গুত ল্যাম্পু দাপট ডিসেসুসাইকান ডেঙ্গন মুদাহ। বারবেদা ডেনগান বুম ইয়াং পাসাং দি সায়াপ পাঙ্গুং সেকারা ভার্টিক্যাল ড্যান পারমানেন। ফুংসি বুম অ্যাডলাহ উন্টুক মাসং ল্যাম্পু স্যাম্পিং।3.2.5.2। দাঁড়ান
Perlengkapan untuk tembukan lampu ইয়াং bisa pendang-pindah adalah stand. একটি পাইপ যা শক্তিশালী ধাতু দিয়ে তৈরি যা টেবিল পর্যন্ত দাঁড়াতে পারে এবং ইনস্টল করা বাতির ওজন ধরে রাখতে পারে।স্ট্যান্ড ইয়াং খুসি ডিকাডুক আনটুক ল্যাম্পু ফলো স্পট মেড সেকারি রূপা সেহাত ল্যাম্পু ইয়াং পাসং দি আত্তস্যা বিসা ডিচারকান কে কানন, কে কিরি, কে আটাস, ড্যান কে বাওয়াহ সেকার ম্যানুয়াল। টিংগি রেন্ডঃ দাপট দিয়াতুর স্ট্যান্ড।
Selain untuk ফলো স্পট yang benaknya pendigi secara vertical ada juga stand yang di attsinya pasangeni bar yang dapat dibukan untuk dengba lampu. এই ধরনের স্ট্যান্ডকে টি-বার স্ট্যান্ড বলা হয়। ডেঙ্গন স্ট্যান্ড জেনিস ইনি মাকা ল্যাম্পু দাপট পাসং পাদা তিয়াং উল্লম্ব আতাউ অনুভূমিক। কয়েকটি স্ট্যান্ড যা ইস্পাত দিয়ে তৈরি এবং সরানোর মতো যথেষ্ট বড়। স্ট্যান্ড সঙ্গত বেমানফাত কেটিকা বুম ইয়াং তেরপাসাং সেকারা পারমানেন কুরাং মেমাদাহি আতাউ জারকন্য টিডাক টেপাট সেপার্টি ইয়াং ডিঙ্গিংকান।
3.2.5.3 ক্ল্যাম্প এবং বন্ধনী
উন্টুক কেন্দংকান ল্যাম্পু পাদা বার কেলিমাং ক্লেম (বাতা) যেখানে উন্টুক কেংবাঙ্গান ল্যাম্পু পাদা বুম ক্লেমাঙ্গান সিকু (বন্ধনী) ইয়াং ডিকেটা বুম বাহু। যে ক্ল্যাম্পটি সাধারণত ব্যবহৃত হয় তাকে "C" অক্ষর বলা হয় এবং প্রায়শই সি-ক্ল্যাম্প বা হুক ক্ল্যাম্প হিসাবে উল্লেখ করা হয়। Untuk mengecancan atau mengunci kelem ke bar diwana sekrup. Bentuk dan ukuran হুক ক্ল্যাম্প ini ভিন্ন হলেও ছত্রাক একই সাজে (Gb.31)। বুম আর্ম পাসং পাদা বুম আতাউ বাটাং স্ট্যান্ড উল্লম্ব। উজুংনিয়া দিবুকান উন্টুক মাসং ল্যাম্পু।Untuk mengecancan dan mengedorkan menggunakan স্ক্রু। পাদা বুম আর্ম জেনারসি লামা মেংগুনাকান ডুয়া প্ল্যাট বেসি ইয়াং ফাঙ্কিয়া আনটুক মেঙ্গাপিট বুম ড্যান মেঙ্গগুনাকান দুয়া বুয়া সেকরুপ অন্টুক মেঙ্গেকানকান। ফলাফল memang plat akan besiktas dengan kuat pada boom tapai sulit ketika hendak mengager atau menggeser posisinya. বুম আর্ম ইয়াং বারু, মেংগুনাকান হুক ক্ল্যাম্প ডেঙ্গন সাতু স্ক্রুপ অন্টুক মেংকাইট বুম সেহাতাং লেবিহ মুদাহ ডালাম আধানসংগান।
3.2.6 আনুষাঙ্গিক
বাতি দ্বারা উত্পাদিত আলো এমনভাবে সামঞ্জস্য করা যেতে পারে। সেলাইন কারেন ফ্যাক্টর রিফ্লেক্টর, বোহলাম, ড্যান লেন্স সেটরান চাহায়া দাপট ডিপারকায়া ডেঙ্গন মেংবারা অ্যাসোরিস। Di bawah ini descriptos asesoris yang dapat sikkengan untuk memperkaya dawatura.3.2.6.1 ফিল্টার
ফিল্টার আটাউ রঙ আদালা প্লাস্টিক ওয়ার্না ইয়াং ডিবুকান অন্টুক মেম্বিরি ওয়ার্না পাডা চাহয়া (Gb.236)। Filter adalah asesori yang paling pentange untuk terbahan warna natural cahaya yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang yang ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং বেসিকুং। ফিল্টার সাধারণত একটি শীট আকারে হয়। ব্যবহার করতে চাইলে সাইজ অনুযায়ী কাটতে হবে।আনটুক পুটকে ফিল্টার ওয়ার্না কে ডালাম ল্যাম্পু কেরালা কেরাম খুসুস ইয়াং বেকুট ফিল্টার ফ্রেম বা রঙ ফ্রেম। বাতির আকার অনুযায়ী ফ্রেমের আকার পরিবর্তিত হয়। জাদি মাসিং-মাসিং আমারেক ড্যান জেনিস ল্যাম্পু মেমিলকি ফ্রতাম ফিল্টার মাসিন।
3.2.6.2 বারন্দুর
বার্ন্দুর আদালাহ সেবুয়া আলাত ইয়াং মেমিলিকি সিরিপ আতাউ মেক্কলার ইয়াং দাপট ডায়াতুর ড্যান অ্যাডাপটাসি (জিবি.238)। পেন্ডারান চাহায়া ডালাম আর্টিয়ান মেনগাগা চাহায়া বোকর কে আরিয়াল ইয়াং টিডাক ডিঙ্গিংকান প্রতিরোধ করতে বার্নদুর ব্যবহার করা হয়।Barndoor memiliki empat sisi melakar yang dapat diputar dan adapatasi posisinya pada dudukan. সাধারণত, বার্নডোরটি একটি বাতিতে ইনস্টল করা হয় যা আলো তৈরি করে যা একটি ছোট আকারের মঞ্চে এক জোড়া ফ্রেসনেলের মতো ছড়িয়ে পড়ে। পাংগুং কেসিলের একটি সীমিত এলাকা রয়েছে যাতে পেনিইনারান ইয়াং ডোকানান ডেংগান মেংগুনাকান ল্যাম্পু বারকুয়েটান বেসার পেনিইনারান এলাকা ছাড়িয়ে আলো তৈরি করে। Untuk memaniya aliran chahaya tersebut barndoor Sangat Effektiv difungsikan.
3.2.6.3 আইরিস
Iris adalah pruritus untuk memperbesar atau memperkecil diameter surikan sinar cahaya yang sistema oleh lampu. দেংগান সেবুয়াহ গাগাং কেসিল ইয়াং ইয়াং বেদাপতন, উকুরান সুরকান বিসা পাসাদাস।পিরান্তি ইয়াং বেবদা দারি ধাতু ইনি সঙ্গত মুদাহ উন্টুক মাসং ড্যান ডিকোপট। দীপাসং দি দেপন শাটার। আইরিস সাধারণত ল্যাম্পু প্রোফাইলে (ERS) ইনস্টল করা হয়। দেংগান বান্টুয়ান আইরিস, সেওরাং পেনাটা ল্যাম্পু দাপট অজুসাগুং উকুরান লিংকার এলাকা পেনিইনারান ইয়াং তেপাট সেহাত আলীরান চাহায়া টিডাক বোকর কে এলাকা লাইন।
3.2.6.4 ডোনাট
ডোনাট (ডোনাট) অ্যাডলাহ পেলাট মেটাল ইয়াং ডিবুকান অন্টুক কেটাজামান লিঙ্গকার সিনার চাহায়া ইয়াং ইয়াং ইয়াং ইয়াং ওলেহ ল্যাম্পু স্পট (জিবি.240)। Donat juga mendua memperjelas pola atau motif gambar cahaya yang hendak yang yang dengan mengung pendar cahaya yang tidak languar. গারিস চাহায়া সেমাকিন জেলাস দান বেনুক সিনার চাহায়া বেনার-বেনার বৃত্ত।3.2.6.5 গোবোস
Gobo adalah pelat ধাতু ইয়াং sistedan musicke pola atau motif certenu (Gb.241)। জিকা পেলাত ইনি পাসাং পাদা ল্যাম্পু ড্যান ডিপ্রোয়েক্সিকান মাকা চাহায়া আকান মাসাকিনি পোলা সেপার্টি ইয়াং তেরগম্বর পাদা তেরসেবুট। Untuk masang gobo keramada atau বিশেষ স্থান যাকে বলা হয় গোবো ধারক।মোটিফ আতাউ পোলা গাম্বার পাদা গোবো করগুম-ম্যাকাম। Piranti ini dibukan untuk memproyeksikan pola cahaya certanu yang maksati efek imaginasi darimana Asal চাহায়া আতাউ করেনা আপা চাহায়া ইতু তেবুদাতি। উদাহরণ স্বরূপ, পোলা দলম গাম্বার 241 দি আতাস জিকা ডিসোরোটকান কে পাঙ্গুং মাকা আকান মাইকেজাং ইমাগিনাসি, বাহওয়া চাহায়া তেরসেবুত বেলামান দারি সেবুয়া জেন্দেলা। পাদা পোলা তেরতেন্তু ল্যাইন্যা জিকা ডিপ্রোয়েক্সিকান কে সিক্লোরামা আকান মেম্বারিকান ইফেক ইমাজিনাসি ইয়াং মেংগাগুমকান, সেপার্টি আওয়ান বেরসেরাকান, দৌন-দৌন, পেপোহোনান, গাম্বার বাঙ্গুনান, ড্যান লাইন সেবাগাইন্যা। পেঙ্গগুনান গোবো সঙ্গত মেম্বান্টু আনটুক মেম্বারিকান ইফেক আতাউ লুকিসান চাহায়া।
3.2.6.6 স্নুট
স্নুট আটাউ সেরিং জুগা ডিসেবুট টপ হ্যাট অ্যাডলাহ পিরান্টি ইয়াং দিগুনাকান উন্টুক মেনগুরাঙ্গি টুম্পাহান চাহায়া (জিবি.২৪৩)। দেঙ্গন দিপাসাং পাদা বাগিয়ান দেপান লাম্পু মাকা স্নুট আকান মেম্পেরপাঞ্জাং উকুরান ল্যাম্পু দ্যান মেম্পেরসেম্পিট সুদুত সিনার চাহায়া ইয়াং দিহাসিলকান।স্নুট সঙ্গত ইফেক্টিফ ডিগুনাকান উন্টুক পাংগুং বেরুকুরান কেসিল দিমানা সিনার চাহায়া লাম্পু সেরিংকালি মেলাবার আতাউ বোকর কে এলাকা ইয়াং টিডাক ডিঙ্গিংকান।
3.2.7 অনুজ্জ্বল এবং নিয়ন্ত্রণ
Untuk mengcontrol intensitas cahaya dan mengatur perubahan cahaya dalam intensitas tertentu dibutuhkan alat yang disebut dimmer. Secara sederhana sumber listrik dialirkan ke sebuah dimmer untuk mengalirkan arus listrik ke lampu (Gb.244). Dimmer dapat mengubah intensitas cahaya dari rendah ke tinggi atau sebaliknya dengan mengatur panas (temperatur) yang mengalir ke filamen bohlam.Untuk kepentingan panggung tidak mungkin menggunakan satu dimmer untuk satu lampu. Hal ini akan memerlukan proses lama dalam pemasangannya. Oleh karena itu dimmer untuk lampu panggung dibuat satu unit yang dapat menampung banyak lampu dan disebut dengan dimmer rack. Terdapat banyak jenis, ukuran dan kekuatan dimmer rack. Ada dimmer rack berukuran besar dan berat yang dipasang secara permanen di dalam sebuah gedung pertunjukan tetapi ada juga dimmer rack yang dirancang khusus untuk pentas keliling sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Dengan bantuan dimmer, operasional dan pengendalian intensitas cahaya lampu menjadi mudah. Meskipun demikian dalam sebuah dimmer rack yang memiliki banyak channel tidak menyediakan tombol atau alat pengendali intensiatas yang mudah diakses. Dalam dimmer generasi lama disediakan gagang pengendali intensitas, tetapi hal ini membuat ukuran dimmer menjadi besar. Dimmer modern tidak menyediakan pengendali tersebut selain sebuah tombol kecil pada masing-masing channel. Untuk membantu tugas pengendalian intensitas dibutuhkan remote control (pengendali jarak jauh). Kontrol jarak jauh ini berupa papan atau meja yang menyediakan tombol atau bilah pengendali intensitas atau lever yang dihubungkan ke dimmer. Jadi, ia mengambil alih fungsi pengendali pada dimmer. Dengan demikian, rangkaian sederhana jika digambarkan adalah sumber listrik menyediakan energi yang dialirkan ke dimmer (power in) kemudian dialirkan keluar ke lampu (circuit out) dan fungsi pengendali dialirkan ke remote control.
Remote control atau pengendali jarak jauh sering disebut dengan control desk (meja pengendali) karena harus diletakkan di atas meja untuk menggunakannya. Ukuran dan jenisnya bermacam-macam. Ada yang dioperasikan secara manual ada juga yang sudah menggunakan komputer sehingga bisa diprogram untuk mengendalikan intensitas secara otomatis.
Dalam satu remote control terdapat bilah pengendali (lever) dan master lever yang berfungsi sebagai pusat suplai besaran energi yang dikeluarkan. Masing-masing lever memiliki ukuran atau besaran yang dapat dijadikan acuan untuk menaikkan atau menurunkan intensitas cahaya (GB.248). Jika master lever diatur pada posisi 50 persen (angka 5) maka intensitas cahaya yang dapat dikeluarkan oleh masing-masing lever maksimal hanya 50 persen. Jika master lever diatur pada posisi 0 maka lampu tidak akan menyala meskipun lever dinaikkan sampai 100 persen (angka 10).
Dengan mengatur angka pada master dan lever maka akan didapatkan intensitas cahaya yang dinginkan. Tabel di bawah ini dapat digunakan sebagai patokan untuk mengatur intensitas cahaya.
Ukuran intensitas yang dihasilkan dalam tabel ini hanyalah ukuran untuk satu atau beberapa lampu sejenis. Ukuran intensitas bisa berubah jika lampu menggunakan filter warna. Warna-warna yang gelap akan mengurangi intensitas cahaya yang dihasilkan. Dengan demikian, pengaturan intensitas cahaya untuk menghasilkan keseimbangan perlu memperhatikan jenis dan kekuatan lampu serta penggunaan filter warna. Penjelasan di atas masih menyangkut remote control atau control desk yang menggunakan satu set lever dan satu master. Jika jumlah lampu yang digunakan sedikit tidaklah masalah tetapi lampu panggung biasanya jumlahnya puluhan bahkan ratusan. Satu meja kontrol dengan satu master dan satu set lever tidaklah cukup. Selain itu pemindahan intensitas lampu satu ke lampu lain sangatlah rumit jika hanya menggunakan satu set lever karena tangan pengendali harus menaikkan atau menurunkan masing-masing lever dalam waktu yang hampir bersamaan. Untuk mengatasi hal tersebut perangkat meja kontrol biasanya memiliki dua master atau lebih, lengkap dengan lever-nya. Dengan meja kontrol seperti ini, pengendalian lampu dapat dilakukan melalui proses preset.
Preset adalah mengatur posisi lever pada angka (intensitas) tertentu sementara master dalam keadaan 0. Sehingga ketika nanti dibutuhkan tinggal menaikkan angka master. Lampu yang berada dalam deret lever akan menyala dengan intensitas sesuai angka pada masingmasing lever. Preset ini bisa dilakukan jika master dan baris (set) lever lebih dari satu. Dalam gambar di atas diperlihatkan dua set lever dan master, bagian atas “A” dan bagian bawah “B”. Ketika bagian “A” sedang dimainkan pada posisi tertentu, bagian “B” bisa digunakan untuk mengatur preset. Dengan menurunkan master “B” pada angka 0 maka lever dapat diatur pada angka tertentu sesuai kebutuhan. Hal ini tidak akan menyebabkan lampu menyala karena level master diturunkan ke angka 0. Ketika lampu pada deret lever “A” selesai dimainkan dan hendak diganti, maka master “B” yang lever-nya telah dipreset dinaikkan dan master “A” diturunkan ke angka 0. Ketika master “B” dimainkan maka lever pada “A” dapat dipreset untuk pencahayaan berikutnya. Dengan mengatur preset maka efisiensi pengendalian lampu dapat dioptimalkan.
3.3 Warna Cahaya
Setelah mengetahui secara teknis dasar pemasangan dan pengoperasian lampu maka langkah berikutnya adalah mengenai warna cahaya. Warna cahaya sangat berpengaruh pada suasana panggung.Dalam pertunjukan teater realis yang meniru warna cahaya matahari maka harus benar-benar dibedakan antara warna matahari di saat fajar, pagi, siang, dan sore hari. Kesalahan pemilihan warna dapat berakibat fatal berkaitan dengan latar waktu kejadian peristiwa. Misalnya, seorang pemain mengucapkan kalimat, “Pada saat fajar menyingsing ini, aku bulatkan tekadku!”, sementara warna cahaya yang ditampilkan adalah putih terang. Hal ini akan menimbulkan keanehan karena matahari pada fajar hari berwarna semburat kemerahan dan bukan putih terang.
Untuk menghindari hal tersebut perlu diteliti pemilihan warna cahaya yang tepat sesuai dengan suasana yang dikehendaki. Warna dasar cahaya berbeda dengan warna dasar cat atau pewarna lain. Jika cat memiliki warna dasar merah, kuning, dan biru maka cahaya memiliki warna dasar merah, kuning, dan hijau (Gb.250). Warna sekunder yang dihasilkannya pun berbeda. Merah dicampur hijau akan menghasilkan warna kuning amber. Hijau bercampur biru menjadi biru cyan. Biru bercampur merah menjadi magenta. Jika semua warna dicampur maka akan berubah menjadi putih. Berbeda dengan cat, jika semua warna dicampur akan menjadi coklat tua. Prinsip dasar warna cahaya ini perlu diketahui untuk menghindari kesalah pemaduan warna.
3.3.1 Pencampuran Warna
Pencampuran warna cahaya dapat dilakukan dengan dua teknik, yaitu additive mixing dan subtractive mixing. Pencampuran warna additive adalah pecampuran warna dari dua lampu berwarna berbeda dalam satu area.Proses pencampuran warna ini sangat efektif terutama untuk jenis lampu yang tidak memiliki garis lingkar cahaya yang tegas seperti lampu fresnel. Pendar cahaya yang mengabur pada sisi luar lingkar cahaya akan saling bertemu dan secara gradual membentuk warna kedua. Warna yang efektif dicampur dalam teknik additive adalah warna-warna primer yang akan menghasilkan warna sekunder (Gb.252).
Pencampuran warna menggunakan teknik subtractive adalah mencampur warna dari satu sumber cahaya (lampu) melalui dua filter warna yang berbeda (Gb.253.). Filter yang dipasang haruslah yang mampu merefleksikan sebagian warna cahaya dan menyerap warna lain.
Dalam gambar di atas diperlihatkan, filter pertama yang dipasang berwarna cyan yang merefleksikan warna biru dan hijau serta menyerap warna merah sehingga menghasilkan warna cyan. Warna cyan ini kemudian melalui filter berwarna kuning sehingga hasil akhirnya adalah cahaya berwarna hijau.
Warna-warna primer kurang efektif digunakan untuk teknik subtractive karena karakternya yang terlalu kuat menyerap cahaya. Warna-warna sekunder lebih tepat untuk teknik subtractive (Gb.254). Teknik subtractive ini biasanya digunakan untuk lampu otomatis yang memiliki palet warna yang dapat berputar sehingga memungkinkan dua warna bercampur.
3.3.2 Refleksi Warna Cahaya
Cahaya yang menyinari sebuah permukaan akan memantul atau menimbulkan refleksi. Di atas telah dijelaskan jenis refleksi yang dapat ditimbulkan oleh cahaya. Pada bahasan ini akan dijelaskan refleksi warna yang ditimbulkan setelah cahaya menyinari sebuah permukaan. Jika cahaya menyinari sebuah permukaan berwarna maka efek refleksinya sama dengan warna yang ada pada permukaan tersebut. Warna cahaya natural adalah putih atau biasa disebut netral. Jika warna cahaya netral menyinari permukaan berwarna merah maka akan menimbulkan refleksi cahaya berwarna merah.Tetapi jika cahaya berwarna merah matang (setelah diberi filter warna) menyinari permukaan berwarna biru pirmer, maka tidak cahaya yang direfleksikan karena permukaan biru hanya akan merefleksikan cahaya berwarna biru (GB.256).
Prinsipnya adalah menggunakan warna cahaya. Cahaya putih atau netral menurut teori warna cahaya mengandung unsur warna merah, biru, dan hijau. Jika cahaya putih menyinari permukaan biru maka akan merfleksikan cahaya biru karena unsur warna merah dan hijau tidak terdapat pada permukaan yang disinari. Dengan memahami prinsip dasar warna cahaya maka refleksi warna cahaya bisa diperhitungkan. Cahaya putih jika menyinari permukaan kuning amber akan memancarkan cahaya kuning amber.
Warna cahaya kuning amber adalah perpaduan antara warna merah dan hijau. Dengan demikian warna yang terpantulkan oleh cahaya adalah warna merah dan hijau, sedangkan warna biru terserap.
Jika cahaya berwarna kuning amber yang merupakan perpaduan merah dan hijau menyinari permukaan berwarna kuning amber maka refleksi warna cahayanya adalah kuning amber.
Jika warna cahaya merah menyinari permukaan kuning amber maka refleksi warna cahaya yang dihasilkan adalah merah karena warna kuning amber pada permukaan mengandung warna merah (Gb.259). Jika warna cahaya biru menyinari permukaan berwarna kuning amber maka cahaya tidak akan merefleksi karena warna kuning amber pada permukaan tidak mengandung warna biru.
Karena warna cahaya dapat menghasilkan refleksi warna pada permukaan berwarna maka pemilihan filter warna haruslah benar-benar diperhitungkan. Jangan sampai ada objek yang menjadi nampak sangat terang sementara objek lain jadi kabur karena warna cahaya yang dipilih tidak tepat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ujicoba penyinaran warna cahaya terhadap permukaan berwarna harus sering dilakukan. Hal ini juga berkaitan dengan bahan dasar permukaan yang akan disinari. Ada bahan atau cat yang mampu menyerap cahaya tetapi ada juga bahan yang justru memantulkan cahaya berlebihan. Selalu mencoba adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengetahui karakter warna cahaya, bahan dan warna permukaan, dan refleksi yang dihasilkan.
3.4 Penyinaran
Prinsip dasar penyinaran adalah membuat objek yang disinari jelas terlihat dan cahaya tidak bocor sampai ke penonton atau bagian panggung lainnya yang tidak memerlukan sinar. Tetapi karena karya teater adalah karya artistik maka penyinaran dalam panggung teater juga harus mampu menghadirkan efek artistik yang dikehendaki. Dengan mengatur sudut penyinaran efek-efek artistik bisa dimunculkan. Dalam satu cerita atau adegan terkadang membutuhkan pencahayaan tertentu yang tidak hanya asal terang. Misalnya, untuk menghadirkan seorang tokoh misterius dibutuhkan penampakkan siluet, maka lampu harus diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan siluet tokoh tersebut. Dengan mencoba pengaturan sudut datangnya cahaya, maka efek tertentu akan didapatkan.Lampu yang diarahkan langsung ke wajah aktor akan menghasilkan efek flat atau datar (Gb.261). Lampu yang datang dari arah depan dengan intensitas tinggi akan menghapus bayangan pada bagian muka. Tidak ada bayangan pada cekung mata yang mengindikasikan kedalaman. Tidak ada bayangan pada bagian pipi yang memisahkannya dari leher. Tidak ada bayangan pada hidung yang menunjukkan volume. Oleh karena tidak ada bayangan sama sekali, maka wajah aktor nampak datar. Meski demikian, pengambilan dengan sudut seperti ini terkadang dibutuhkan untuk memberi efek cahaya berlebih sehingga orang tersebut nampak bersinar.
Lampu yang datang 45 derajat dari atas akan memberikan bayangan pada bagian wajah sehingga efek tiga dimensinya terlihat (Gb.262). Dengan sudut pengambilan seperti ini penonton paling tidak bisa menyaksikan lekuk-lekuk wajah sang aktor. Untuk penampakan karakter dengan ketegasan lekuk wajah pengambilan dari sudut ini bisa dimanfaatkan. Kedalaman cekung mata, penonjolan tulang pipi dan hidung bisa dimunculkan.
Lampu yang datang tepat dari arah atas akan menghasilkan cahaya yang mengalir lurus ke bawah. Wajah aktor mendapatkan sangat sedikit sinar yang memendar dari atas kepalanya (Gb.263). Meskipun wajah hanya sedikit tersinari tetapi efek dramatis bisa dimunculkan. Dengan lampu yang datang tepat dari arah atas maka tidak ada bayangan disekitar aktor.
Lampu yang diletakkan di bagian bawah akan menimbulkan bayangan terbalik secara penuh pada bagian-bagian wajah (Gb.264). Bayangan pada mata akan berubah terang. Efek terang pada tulang pipi dan hindung akan berubah jadi gelap. Sudut pengambilan ini dapat menciptakan efek dramatik pada wajah aktor. Karena posisi bayangan yang terbalik tersebut membuat wajah aktor nampak lain bahkan nampak menyeramkan.
Lampu yang datang dari arah samping baik kanan atau kiri akan menampakkan bagian samping tubuh dan menutupi samping tubuh yang lain (Gb.265). Dengan sudut pengambilan ini, garis tubuh aktor akan nampak jelas. Lampu samping sering digunakan untuk pertunjukan tari atau teater gerak yang memang menonjolkan lekuk garis tubuh pemainnya.
Lampu yang datang dari arah belakang atas akan memberikan hasil yang berlawanan dengan lampu atas 45 derajat (Gb.266). Selain akan menerangi bagian kepala, cahaya juga akan menyinari rambut dan bahu aktor. Pengambilan sudut ini akan memberikan efek pemisahan antara aktor dan background. Garis cahaya yang nampak pada rambut, dan bahu akan memberikan kesan tiga dimensi sehingga aktor terlihat tidak menempel pada background. Banyak sudut di antara sudut pengambilan di atas yang bisa dicobakan. Tetapi pengambilan sudut harus mempertimbangakn efek yang ingin dicapai sehingga hasilnya benar-benar seperti apa yang diharapkan.
3.4.1 Penyinaran Aktor
Guna menyinari aktor yang mengahadap ke penonton ada teknik dasar yang bisa diterapkan. Selain kejelasan pencahayaan juga harus mampu menampilkan dimensi. Untuk hasil termudah letakkan dua lampu dengan arah atas 450 (derajat) pada masing-masing sisi dimana aktor berdiri (Gb.267). Karena sinar cahaya lebih lebar daripada tubuh aktor maka ia bisa bergerak di seputar lingkar cahaya dengan tetap tersinari. Kedua posisi lampu akan membentuk sudut 900 (derajat) sehingga lingkar cahaya yang dihasilkan akan mampu menyinari area yang cukup bagi aktor untuk bergerak.Luas ruang penyinaran yang diciptakan oleh dua lampu dan memberikan cukup cahaya untuk aktor ini disebut area. Ukuran area ini bisa disesuaikan dengan menggunakan lampu. Jika jarak pengambilan jauh maka area pun akan membersar demikian juga ketika lingkar cahaya pada lampu spot diperbesar maka cakupan sinarnya pun a
0 Response to "TATA CAHAYA dalam Seni Pemeranan / Teater"
Posting Komentar